Search Engine Optimization (Optimisasi
mesin pencari)
SEO adalah
serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk
meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu
dengan memanfaatkan mekanisme kerja
atau algoritma mesin
pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada
posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan
kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati
posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan
pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan
internet sebagai media bisnis kebutuhan
atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian
akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk
mendapatkan pelanggan baru.
Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin
pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Contoh SEO
Saya mempunyai sebuah artikel di website ini
yaitu “cara membuat jaringan warnet”, kemudian saya optimasi halaman artikel
tersebut dengan teknik SEO yang saya gunakan dan dengan mentarget kata kunci
“cara membuat jaringan warnet”, setelah saya optimasi dengan baik alhasil
halaman tersebut dapat ranking satu dengan kata kunci yang saya target
tersebut.

Jenis Optimisasi SEO
Optimasi SEO dibagi menjadi dua, yaitu
optimasi SEO on page dan
optimasi SEO off page. Apa itu
optimasi SEO on page? Pengertian dan definisi optimasi SEO on page adalah
sebuah optimasi mesin pencari yang dilakukan dari dalam blog itu sendiri. Lalu
apa itu optimasi SEO off page? Pengertian dan definisi optimasi SEO off page
adalah kebalikanya dari optimasi SEO on page yaitu sebuah optimasi mesin
pencari yang dilakukan dari luar blog itu.
1. On Page SEO
Mendengar kata diatas pastinya sudah tidak
asing lagi bagi para pakar seo, namun akan asing sekali untuk para pemula di
dunia seo. On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website
dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan
dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai relevan oleh google,
juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan
akan mudah ranking #1 Google.
Berikut dasar yang harus diterapkan dalam on
page seo :
1. Title Tag
2. Meta Description
3. URL
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
5. Image & Image ALt Tag
6. Link to Site Authority
2. Meta Description
3. URL
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
5. Image & Image ALt Tag
6. Link to Site Authority
Tittle Tag
Title Tag itu sama seperti judul pada suatu
posting/artikel tetapi berbeda, karena umumnya title tag ini dibaca oleh search
engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka
yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting tersebut.
Berikut gambar contoh title tag.

Title Tag dapat diganti menggunakan plugin
WordPress Seo by Yoast jika anda menggunakan WordPress, untuk blogger atau
lainnya saya belum mengetahui bagaimana cara mengganti title tag tersebut.
Meta Description
Meta descriptions adalah keterangan dari
suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan anda, agar meta
description terlihat menggoda dan menarik trafik anda perlu memodifikasinya
dengan menggunakan plugin SEO by Yoast seperti yang sudah saya
jelaskan diatas.

URL
URL singkatan dari Uniform Resource Locator,
adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan
untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet,
itu menurut wikipedia
anda
dapat membacanya

kalau menurut saya simpel saja URL yaitu
rangkaian huruf yang membentuk sebuah link yang menuju suatu halaman situs,
contoh “http://www.rudinazar.com/cara-riset-keyword/”
jadi URL ini sangat berpengaruh pada Search Engine Optimization.
Heading
Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi
judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html. Heading berbeda dengan tag <
title >.
Html menyediakan enam tingkatan heading,
dimana heading level 1 (< h1 >) adalah yang terbesar, biasa berada di
judul posting, dan heading level 6 (< h6 >) adalah yang terkecil.
Link to Authority Site
Apa itu Link to authority site? yaitu
merupakan sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs – situs
terpercaya / yang dipercayai google seperti yotube, wikipedia, facebook dan
masih banyak lagi.
Bagaimana cara mengetahui situs yang
dipercayai google? anda dapat melihatnya dari Page Rank (PR) situs tersebut
jika page rank suatu situs lebih dari 7 maka bisa dikatakan situs tersebut
sudah dipercayai google ( Authority Site ).
Kemudian bagaimana cara untuk mengetahui PR
dari suatu situs? cara termudah yaitu anda cukup menginstall Extensi WebRank
SEO dari browser Google Chrome dengan
cara mendownloadnya terlebih dahulu dari Toko Web Chrome, untuk
Mozila Firefox anda dapat menggunakan seo toolbar dari seobook silahkan cek.

2. Off Page SEO
Off Page Search Engine Optimization adalah
cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs (menggunakan backlink), “Apa
itu Backlink?”
Backlink adalah Link dari halaman
situs kita yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai PR (Page
Rank) yang tinggi.
Search Engine seperti Google sangat menyukai
Backlink yang berkualitas yang artinya Backlink dari situs authority atau situs
yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia,Twitter, WordPress, dan lain-lain.
Oleh karenanya suatu situs akan di angkat
posisinya oleh google jika mempunyai backlink dari situs authority tersebut,
dan bahkan bisa menjadikan situs kita ranking tinggi dengan kata kunci yang di
target jika mendapatkan backlink dari situs yang berPR tinggi.
Bisa anda lihat pada ga
mbar diatas bahwa link
situs http://www.rudinazar.com mendapatkan backlink dari situs lain
yang mempunyai PR 5, dan hal tersebut dapat menaikan posisi situs di search
engine.

Keuntungan Melakukan SEO
Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO
yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, diantaranya yaitu :
1# Mendatangkan Traffic yang Banyak
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.
2# Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.idyang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.idyang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.
3# Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi.
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi.
Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari
http://www.rudinazar.com/apa-itu-seo/
http://m-seo.heck.in/pengertian-seo-dan-definisi-apa-itu-seo.xhtml
Tidak ada komentar:
Posting Komentar